0 0
Canggihnya Kendaraan Amfibi China, Bisa Terbang dan Menyelam - PORTAL BERITA PAY4D lapaktoto jepang slot

Canggihnya Kendaraan Amfibi China, Bisa Terbang dan Menyelam

Read Time:1 Minute, 54 Second

JAKARTA – Peneliti dari Shanghai Jiao Tong University (SJTU) China mendemonstrasikan kendaraan khusus yang mampu melayang seperti drone lalu menyelam ke dalam air dengan kecepatan tinggi.

Neza-Sedart, nama kendaraan tersebut merujuk pada nama Tuhan di berbagai aliran pemikiran seperti Budha, Konghucu, Taoisme dan agama lainnya. Bentuk mobil unik Tiongkok ini digambarkan seperti dewa Neza yang kuat, pemberani, dan terampil menggunakan senjata magis.

New Atlas mengumumkan pada Kamis (8/8/2024) bahwa Neza telah diklasifikasikan sebagai HAUV (Hybrid Air Vehicle). Kategori pesawat listrik juga mencakup VTOL (Take-off and Landing).

Namun spesifikasinya bukan standar VTOL. Neza mampu terbang dan mendarat di darat maupun air dengan ekornya. Seperti burung pekakak – kemampuan menyelam dengan kecepatan tinggi dan menyelam terlebih dahulu ke dalam air. Sebelum kembali dan terbang dengan lancar, sistem beralih ke otomatis penuh untuk menyelesaikan tugas di dalam air.

Orang-orang telah melihat banyak contoh pesawat terbang dan helikopter yang dapat lepas landas dan mendarat di air, namun tidak ada satupun yang mampu masuk ke dalam air untuk beroperasi dan terbang kembali. Neza-SeaDart tampaknya mengambil inspirasi desain dari prototipe Kovair Sea Dart milik Angkatan Laut AS pada tahun 1950-an.

Ini adalah satu-satunya pesawat luar angkasa yang terbang di udara sebelum dihancurkan dan dimatikan di tengah penerbangan. Sedangkan Neza memiliki keunikan dengan empat mesin dan delapan jet air untuk terbang di udara. Pendorong menggunakan aliran udara dan pendorong di dalam air secara terpisah.

Neza-Cedart baru-baru ini diuji selama 10 hari di Pulau Seribu di Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Tujuan bab ini adalah untuk menunjukkan kemampuan melintasi darat, laut, dan udara secara efektif.

Sayap delta-nya memberikan daya angkat yang cukup untuk terbang seperti pesawat sayap tetap. Melihat videonya, sulit dipercaya kalau bentuknya seperti UFO dan pesawat yang tampak mustahil.

Potensi penerapan HAUV tak berawak seperti Neza-Sidart mencakup penelitian maritim, serta pencarian dan penyelamatan atau eksplorasi laut. Kemampuannya juga dapat meledakkan sesuatu secara diam-diam.

Neza-IV telah diuji oleh Tiongkok sebelum CEDART. Kendaraan tak bertenaga ini dapat melaju sekitar 50 meter di bawah air, kemudian melayang di udara selama 15 menit, dan memiliki jangkauan 7 kilometer dengan kecepatan 22,4 mph (36 kpj).

Teknologi drone Tiongkok terbukti menjadi yang terbaik di dunia. Salah satu inovasinya, Neza Seadart, mungkin ditujukan untuk penggunaan militer atau komersial di masa depan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %