0 0
Dikaitkan dengan Gempa Megathrust, Ikan di Laut Tasikmalaya Berterbangan - PORTAL BERITA PAY4D lapaktoto jepang slot

Dikaitkan dengan Gempa Megathrust, Ikan di Laut Tasikmalaya Berterbangan

Read Time:1 Minute, 0 Second

TASIKMALAYA – Munculnya jutaan ikan di lepas pantai Tasikmalaya dikaitkan dengan tanda-tanda gempa besar dan tsunami. Pasalnya, wilayah Jawa Barat terletak di zona subduksi megathrust.

Pekan lalu, dilaporkan terjadi insiden ikan terbang di pesisir selatan Priangan Timur dan Pantai Cipatujuh, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia.

Hal itu pun menjadi viral di media sosial setelah terekam video malam itu yang memperlihatkan sekelompok warga berusaha menangkap ‘ikan terbang’.

Dalam arti nikmatnya makanan yang melimpah, ada juga rasa takut jika terjadi musibah yang lebih dahsyat.

Kejadian serupa tidak hanya terjadi di sepanjang pesisir pantai Chipatujah, sepanjang pesisir pantai Pangandaran, Tasikmalaya hingga Santol, Garut, kata Persatuan Nelayan Indonesia (NHSI) Kabupaten Tasikmalaya, kata Juru Bicara Jawa Barat Dedi Mulyadi, Selasa.

Menurut dia, fenomena aneh memang sering terjadi, namun tidak sebanyak yang terekam, mengingat terjadi saat musim kemarau panjang.

“Kekhawatiran mulai muncul apakah ini bisa menjadi peringatan dini akan adanya fenomena aneh lainnya di dasar laut,” katanya.

BMKG juga telah mengidentifikasi beberapa wilayah di Jawa Barat yang mungkin terdampak gempa. Jika gempa ini terjadi diperkirakan akan menimbulkan kerusakan parah dan berpotensi memicu tsunami.

Peneliti Rike Nainitania dan Denny Darmawan mengungkap informasi mengenai 11 wilayah yang terkena dampak megatrauma dalam makalah yang diterbitkan pada tahun 2021.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %