0 0
1 Jemaah Haji Kloter Batam Alami Penurunan Kesadaran, Dokter Anjurkan Jangan Takut Minum - PORTAL BERITA PAY4D lapaktoto jepang slot

1 Jemaah Haji Kloter Batam Alami Penurunan Kesadaran, Dokter Anjurkan Jangan Takut Minum

Read Time:1 Minute, 31 Second

warriorweeknow, Jakarta – Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Medina melayani 26 pasien antara 11-13 Mei 2024. Dari jumlah tersebut, masih terdapat 13 kunjungan unit gawat darurat (IGD), tujuh kunjungan poliklinik rawat jalan, dan enam kunjungan rawat inap.

Pasien pertama yang datang ke layanan kesehatan adalah pegawai KKHI Medina yang mengeluh sesak napas sehingga harus mendapat perawatan di High Care Unit (HCU).

Pasien selanjutnya merupakan jemaah haji Batam Hang Nadeem (BTH) rombongan 10 yang dirawat di HCU, namun kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) karena kehilangan kesadaran dan kejang.

Penanggung jawab kedokteran Dr. Menurut Adhitha Karthyanto SPPD, pasien tidak menderita hipertensi berat karena tekanan darahnya hanya 150. Hal ini disebabkan retensi urin yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

“Karena toleransi terhadap rasa sakit, prostat juga cenderung membengkak dan memerlukan pengobatan lebih, karena di sini kami hanya bisa membantu dengan memasang kateter urin,” ujarnya kepada Sehat, Sabtu, 17 Mei 2024. Katanya mengacu pada Negeriku.

 

Adita juga mengingatkan jamaah untuk menghindari dehidrasi selama berada di Arab Saudi. “Sebaiknya cegah dehidrasi dan jangan takut minum air putih, karena buang air kecil itu tandanya kita tidak dehidrasi, sebaiknya minum 200 ml atau segelas air setiap jamnya,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, toilet di wilayah Pak banyak, sehingga tidak perlu khawatir dengan air minum. “Toilet ada dimana-mana, jadi lebih mudah ingin buang air kecil,” kata Adhita.

 

Ketua KKHI Medina Dr. Menurut Karmadjono, banyak jemaah yang enggan minum air putih selama perjalanan dari Indonesia menuju Arab Saudi. Selain itu, banyak jamaah yang menahan kencingnya karena tidak tahu cara menggunakan toilet di kapal.

Krimdjwono menambahkan, keterlibatan pramugari atau ketua rombongan sangat penting untuk mengingatkan jamaah agar selalu minum air putih selama penerbangan dan membantu mereka yang belum mengetahui cara menggunakan toilet di pesawat.

“Karena banyak jamaah yang baru pertama kali menggunakan pesawat dan dalam jangka waktu yang lama,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %