0 0
Banyak Orangtua Bawa Balita Nonton Film Siksa Kubur, Psikolog Ungkap Dampaknya - PORTAL BERITA PAY4D lapaktoto jepang slot

Banyak Orangtua Bawa Balita Nonton Film Siksa Kubur, Psikolog Ungkap Dampaknya

Read Time:3 Minute, 58 Second

warriorweeknow, Jakarta Film Siksa Kubur yang saat ini tayang di bioskop Tanah Air tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Di tengah boomingnya Siksa Kubur, banyak netizen yang membeberkan kisah para orang tua yang mengajak anaknya yang berusia empat hingga lima tahun menonton film horor arahan sutradara Joko Anwar.

Seorang netizen di X dengan akun gitaputriid kembali memposting pengalaman temannya usai menonton film yang dibintangi Reza Rahadian. Teman-teman mengungkapkan, saat melihat cerita horor tersebut di bioskop pada pukul 21.15, orang tua membawa anaknya berusia sekitar 4-5 tahun.

“Saat masuk bioskop, dia sudah menangis sambil berkata ‘Takuy ​​Wat’, padahal bioskop masih terang, orang tuanya memarahinya, ‘Kenapa kamu takut?’

Bukan hanya satu, namun beberapa keluarga mengajak anak-anak berusia di atas 17 tahun ke bioskop. Jadi anak-anak yang harus tertidur sepanjang film melihat dirinya sedang menonton Siksa Kubur.

“Setelah menonton, saya pergi ke kamar mandi dan bertemu mereka lagi. Kebetulan kamar mandinya hanya ada satu, jadi saya tidak mau antri di belakang mereka. “Mereka sudah lama berada di kamar mandi untuk mendiskusikan berbagai hal.” Kata direktur. Berteman dengan akun Gita.

“Yang menyedihkan adalah… anak-anak mereka yang berusia 4-5 tahun mendiskusikan film dan terkadang mereka merasa takut.”

Kisah Siksa Kubur yang diunggah ulang di akun X dan ditonton 1,2 juta kali juga menyebut nama Joko Anwar. Sutradara juga merespons.

“Mohon diperhatikan kawan-kawan. :(” cuitan Joko Anwar menanggapi postingan pada 16 April 2024.

Psikiater Anna Surti Ariani menyarankan, sesuai pedoman, menonton film horor dan tayangan seks tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 18 tahun.

Apalagi bagi balita yang diajak ke bioskop untuk menonton film horor. Ini bisa jadi menakutkan bagi mereka. Bagi anak kecil, menonton di bioskop dengan layar lebar dan suara bising bisa menjadi hal yang menakutkan, apalagi tayangan horor.

“Bagi anak kecil, memproyeksikan di layar raksasa seperti ini sangat bagus, apalagi layarnya menampilkan hal-hal yang menakutkan. Anak-anak hanya menonton hal-hal normal seperti anak-anak, tapi karena layar besar mereka mungkin takut karena layar besar dan suaranya sangat bagus. hebat, terutama di film horor. Dikenal sebagai kata Nina.

Anak-anak di bawah usia lima tahun belum bisa memahami sepenuhnya makna film tersebut. Meski begitu, mereka mungkin merasa takut. Saksikan juga tayangan seram ayah dan ibu atau keluarga lainnya saat melihat adegan tersebut di layar lebar.

“Mereka tidak mengerti apa yang dia lihat di layar, tapi mereka bisa melihat keluarganya yang mengerikan,” kata Nina melalui telepon. 

Nina mengatakan, anak-anak mungkin tidak akan terpengaruh jika menonton film horor di bioskop. Namun, ada juga efek sampingnya.

Selain itu, anak kecil umumnya belum pandai mengekspresikan emosinya. Terutama anak di bawah 4 tahun yang belum mahir.

“Kalau dia tidak bisa ngomong atau menceritakan rasa takut yang dia rasakan, itu lebih bahaya lagi. Orang tua tidak bisa memproses rasa takut yang dirasakan anaknya,” kata Nina melalui telepon. 

“Rasa takut itu tersimpan dalam dirinya. Dalam proses berpikirnya yang diproses secara berbeda dan salah,” lanjut Nina.

Misalnya, anak-anak melihat orang-orang di bioskop berteriak ketakutan ketika ada adegan ada orang yang menguburkan kemudian muncul suara seram. Mungkin menakutkan bagi anak-anak ketika ada orang yang dikuburkan sehingga mereka tidak dapat bertemu dengan Anda di anggota keluarga lainnya.

“Dia mungkin takut. Kalau tidur, dia merasa atau membayangkan ditaruh di kuburan,” Nina, misalnya.

Hal-hal tersebut bisa membuat anak cemas dan mengalami mimpi buruk. Jika seorang anak mengalami mimpi buruk, kualitas tidurnya mungkin akan terpengaruh.

“Jika kualitas tidur menjadi masalah, tumbuh kembang juga menjadi masalah. Sehingga sulit berkonsentrasi atau pulih karena kurang tidur.”

Anak usia tujuh tahun tidak disarankan menonton film horor. Namun, ketika ia menonton film horor tersebut di bioskop, ia menyadari bahwa apa yang ia tonton tidaklah benar. 

“Jadi kalau dilihat secara bertanggung jawab, itu masih mungkin,” ujarnya. 

Namun, Nina melontarkan beberapa komentar jika anak usia tujuh tahun menonton film horor di bioskop.

Pertama, orang tua memberikan gambaran kondisi bioskop saat menonton film horor. Sepertinya akan ada adegan seram dan banyak orang yang berteriak.

“Beri tahu dia apa yang harus dilakukan jika dia takut. Misalnya, ‘Jika kamu takut, pegang tangan Ibu, oke? Jadi, ada strategi keselamatan yang diterapkan.”

Kedua, jika ternyata anak merasa takut, meski Anda sudah diberitahu sebelumnya, hargai perasaannya.

“Bawa anak anda keluar dari bioskop. Bantu tenangkan dia. Jangan biarkan anak terlalu stres di bioskop atau bahkan menangis dengan suara keras. Itu tidak baik untuk anak dan mengganggu penonton lainnya.” Klinik tersebut termasuk bagian dari Fakultas Psikologi UI.

Ketiga, setelah menonton, ajaklah anak berdiskusi. Apa bagian paling menakutkan baginya? Mengapa ini menakutkan? Juga bantulah orang tua mengingatkan mereka bahwa itu adalah film. Tak lupa orang tua juga memasukkan nilai-nilai kekeluargaan berdasarkan film ini. 

Keempat, orang tua bertanggung jawab jika anak merasa cemas atau takut.  “Orang tua juga perlu bersiap jika anaknya mengalami mimpi buruk, jadi jangan makian dia sampai tertidur,” kata Nina.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %