0 0
Kasus Meninggal karena DBD Sepanjang 2024 di Tangerang Didominasi Usia Anak - PORTAL BERITA PAY4D lapaktoto jepang slot

Kasus Meninggal karena DBD Sepanjang 2024 di Tangerang Didominasi Usia Anak

Read Time:1 Minute, 57 Second

warriorweeknow, Tangerang Lima dari enam kematian akibat demam berdarah dengue (DBD) di Kota Tangerang pada tahun 2024 adalah anak-anak.

“Selama tahun 2024, tercatat enam kasus kematian akibat demam berdarah dengan dominasi anak-anak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Mugia Vardani, kepada Pelaksana Harian (PLH) pada 25 Juni 2024.

DBD menjangkiti segala usia, namun paling sering menyerang anak-anak di kota Tangeran. Mughia menjelaskan, hal ini disebabkan imunitas anak belum sebaik orang dewasa.

Kemudian, banyak kasus demam berdarah pada anak yang baru sadar ketika sudah melewati fase kritis.

Biasanya kasus demam berdarah pada anak hanya dalam kondisi kritis. Oleh karena itu, orang tua harus waspada memperhatikan status kesehatan anak, ujarnya, mengutip Antara.

Ia juga meminta para orang tua untuk waspada. Hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan penanganan kasus DBD pada anak. Orang tua harus benar-benar memahami perubahan yang dialami anaknya agar tenaga medis yang tepat bisa menanganinya lebih cepat dan menghindari kasus fatal.

Mengingat keterbatasan anak dalam merasakan nyeri, orang tua sangat perlu memahami anak karena diagnosis dokter sering kali mengandalkan wawancara medis. “Dengan wawancara hampir 60 persen bisa diprediksi, sehingga ketika anak terkena demam berdarah sebaiknya orang tua mengetahui kondisi anaknya,” ujarnya.

Gejala demam berdarah

Ada beberapa gejala yang mungkin diperhatikan orang tua ketika anak menderita demam berdarah, antara lain tidak membaik setelah suhu tubuh turun, anak terus menolak makan dan minum, sakit perut parah, lemas. , lesu dan keinginan untuk terus tidur.

Mugia juga mengingatkan para orang tua, jika orang tua melihat perubahan perilaku anaknya disertai gejala di atas, sebaiknya waspada. 

Oleh karena itu, perlu juga diwaspadai ketika anak mengalami perubahan perilaku. Seperti marah, tampak pucat, tangan dan kaki dingin, berdarah, dan tidak buang air kecil lebih dari 4-6 jam, ujarnya.

Jika Anda merasakan gejalanya, segera hubungi dokter, puskesmas, atau fasilitas kesehatan terdekat.

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Cara klasik namun tetap efektif untuk mengendalikan nyamuk penyebab demam berdarah adalah 3M Plus.

Fasilitas 3M: Menguras tempat penampungan air Menutup tempat penampungan air Mendaur ulang berbagai barang yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti pembawa virus demam berdarah ke manusia.

Selain di atas 3 meter, poin plusnya adalah penanaman tanaman yang mampu menghentikan area pengendalian nyamuk yang digunakan untuk menyimpan air. Berkolaborasi membersihkan lingkungan dengan menempatkan pakaian bekas bersama-sama dalam wadah tertutup

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %