0 0
UMJ dan Dinas Pendidikan Depok Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Inklusif - PORTAL BERITA PAY4D lapaktoto jepang slot

UMJ dan Dinas Pendidikan Depok Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Inklusif

Read Time:2 Minute, 19 Second

warriorweeknow, DEPOK – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) bersama Dinas Pendidikan Kota Depok menggelar program pelatihan dan pendampingan bagi guru sekolah dasar inklusif. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memahami dan memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Integrasi dan inisiasi Program Pelatihan dan Konseling Program Asesmen dan Adaptasi Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Guru Sekolah Dasar di Provinsi Depok Tahun 2024 diluncurkan oleh Direktur Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah. Program penyadaran masyarakat ini dipimpin oleh guru Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr Suharsiwi MPd dan didukung oleh dana hibah dari program pelatihan dan bimbingan guru Sekolah Dasar Inklusi Depok. Ini merupakan hibah dari Bima, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Direktorat Riset, Teknologi, dan Pelayanan Sosial.

Kegiatan bakti sosial tersebut juga dihadiri oleh Syahril Simamora, SS, MM, Kepala Bagian Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar (Kasi) Divisi Pengembangan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, dan kepala sekolah dari 11 sekolah dasar negeri yang berada di 11 kabupaten. . kota depok. “Sebanyak 11 SD percontohan merupakan SD rujukan tempat orang tua dapat mendaftarkan anaknya yang berkebutuhan khusus. SD tersebut memiliki fasilitas dan layanan berkebutuhan khusus,” kata Syahril dalam siaran pers.

Meski sudah ada model SD lengkap yang bisa dijadikan acuan ABK, namun sekolah sekitar juga menerima ABK dan rata-rata kepala sekolah SD di Provinsi Depok pada PPDB 2024 tidak menolak kehadiran siswa ABK di sekolahnya. Menurut Syahril, hal ini merupakan hasil dari program pelatihan pelayanan ABK di sekolah yang telah dilakukan jangka panjang bagi para pegawai Kota Depok.

“Namun masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaannya. Kerjasama UMJ dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan pendidikan Depoxy,” ujarnya.

Selanjutnya Direktur Pelayanan Suharsiwi menjelaskan tujuan yang diharapkan dari program kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat. Pertama, guru dapat memahami atau menjelaskan ciri-ciri ABK baik fisik maupun mental, serta aspek dan tantangan pembelajaran. Dan kekuatannya. Kedua, guru dapat memahami penyelarasan kurikulum dan mengembangkannya agar sesuai dengan program ABK di kelasnya.

“Guru dapat memahami program insentif yang tepat bagi ABK di sekolah dalam bidang manajemen yang meningkatkan kemampuan manajemen sekolah dalam mengelola pelayanan ABK di sekolah terkait pelayanan administrasi, kurikulum, pengasuhan anak, dokumen pembelajaran dan laporan,” kata Suharsiwi.

Suharsiwi juga menjelaskan nama-nama pelatih yang akan mengikuti kegiatan selama program empat bulan ke depan:

1. Dr. Ruwinah Abdul Karim, Pusat Pendidikan Khusus dan Direktur Klinis, Penawar, Malaysia, akan memaparkan teori dan praktik penyajian karakteristik anak berkebutuhan khusus dan intervensi dini pada anak berkebutuhan khusus.

2. Leliana Lianty, S.Pd., MP. Mempresentasikan teori dan praktik terkait adaptasi kurikulum bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah.

3. Dr. Oleh Weny Savitry S. Pandia, M.Si, Psikolog, narasumber yang disampaikan antara lain: Membangun hubungan baik dengan orang tua.

4. Dr. Tool yang diberikan oleh Suharsiwi, MPPd: Manajemen Pembelajaran Inklusif.

Direktur Departemen Pendidikan berharap proses ini berjalan lancar dan kerja sama dengan UMJ terus terjalin.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %